Samsung Galaxy A03: Smartphone Murah dengan Baterai yang Tahan Lama

Samsung baru saja memperkenalkan smartphone terbaru di lini seri Galaxy A yaitu Samsung Galaxy A03. Merupakan android-murah-mirip-iphone-13/">ponsel entry level terbaru Samsung yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2022, Galaxy A03 hadir dengan beberapa keunggulan menarik meski dibanderol dengan harga sangat terjangkau.

Samsung Galaxy A03
Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 ditawarkan dalam tiga varian memori yakni 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 4GB/128GB dengan harga mulai dari Rp1,3 jutaan. Varian tertinggi yaitu 4/128 GB dijual dengan harga Rp 1,5 jutaan. Dengan rentang harga segitu, spesifikasinya cukup mumpuni.

Penasaran seperti apa keunggulan dan fitur yang dimiliki ponsel pintar Samsung satu ini? Yuk simak ulasan spesifikasi lengkapnya berikut ini!

Desain dan Tampilan Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 hadir dengan desain simple dan minimalis khas smartphone entry level Samsung. Dimensinya cukup compact dengan ukuran 164.2 x 75.9 x 9.1 mm dan berat sekitar 196 gram, pas di genggaman tangan.

Material casing mengusung bahan plastik polikarbonat solid yang terasa lebih tahan lama dibanding ponsel Samsung sekelas lainnya. Finishing glossy metalik juga memberi kesan mewah meski hanya plastik biasa. Untuk layarnya, Galaxy A03 mengusung panel PLS TFT berukuran cukup lega 6.5 inci dengan resolusi HD+ serta rasio 20:9.

Secara keseluruhan, desain dan tampilan ponsel ini cukup oke dan stylish untuk kelas entry level. Dibanderol dengan harga terjangkau pun Galaxy A03 terlihat meyakinkan berkat material dan layarnya.

Performa Hardware

Performa sangat penting pada sebuah ponsel agar penggunaannya lancar. Untuk itu Galaxy A03 dibekali konfigurasi hardware yang cukup oke. Chipset berspesifikasi 8-core dengan prosesor 2 GHz yang dipadukan grafis Mali-G57. Didukung RAM berkapasitas 3/4GB serta memori internal 32/64/128GB tergantung variannya.

Lebih oke lagi, penyimpanan ponsel ini bisa ditambah hingga 1TB menggunakan kartu microSD. Jadi meski hanya ponsel kelas entry level, performanya cukup mumpuni untuk kebutuhan dasar seperti bermedia sosial, streaming video, maupun bermain game ringan. Dengan harga terjangkau pun, spesifikasi hardware Galaxy A03 patut diacungi jempol.

Kamera

Bagian kamera juga tak kalah oke pada ponsel ini. Kamera belakangnya dibekali dual lens. Ada kamera utama 48MP f/1.8 didukung kamera depth 2MP f/2.4. Dengan lensa utama beresolusi tinggi 48MP, hasil foto yang dihasilkan pun lumayan bagus di kelasnya.

Beragam fitur menarik penunjang fotografi dan videografi juga ada seperti fokus tap otomatis, flash LED, deteksi wajah, mode Bokeh, perekaman video full HD, hingga mode pro untuk pengaturan manual berbagai parameter. Sementara kamera depan untuk selfie dan video call memiliki lensa 5MP.

Secara keseluruhan, performa kamera ponsel ini sudah sangat memuaskan dan mampu menghasilkan foto-foto yang tajam dan jernih berkat dukungan lensa utama 48MP, serta didukung beragam fitur menarik lainnya.

Baterai dan Pengisi Daya

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy A03 adalah kapasitas baterainya yang besar 5000 mAh. Ukuran ini lebih dari cukup untuk mendukung penggunaan seharian penuh bagi pengguna rata-rata. Dengan baterai seluas itu, ponsel bisa bertahan 1-2 hari tanpa perlu di-charge ulang.

Daya cas cepat pun sudah didukung oleh Galaxy A03. Pengisian ulang baterai didukung charger 10W, cukup cepat dalam mengisi daya 5000 mAh hanya dalam waktu 2-3 jam. Jadi kalau khawatir kehabisan baterai, cukup cas beberapa menit saja sudah cukup memberikan tambahan daya yang memadai, berkat charger 10W yang disertakan.

Jadi jangan ragukan daya tahan baterai dan kecepatan pengisian dayanya. Dengan kapasitas 5000 mAh dan charger 10W sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas satu hari penuh.

Sistem Operasi dan Fitur

Samsung Galaxy A03 hadir dengan sistem operasi Android 11 out-of-the-box beserta antarmuka OneUI Core 3.1 khas Samsung. Ponsel ini langsung menggunakan Android terbaru dan firmware terkini sehingga performanya dijamin mulus.

Meski hanya ponsel kelas entry-level, Galaxy A03 tetap dilengkapi sejumlah fitur menarik mulai dari kecerdasan buatan, split layar untuk multitasking, personalisasi tampilan yang mendalam via tema dan gaya ikon, notifikasi pintar, game booster, fitur kamera yang lengkap, Always on Display, Samsung Health untuk monitoring kesehatan & kebugaran, hingga Kids Mode yang dapat menjaga privasi & keamanan anak saat mengakses konten digital.

Jadi secanggih apapun ponsel flagship Samsung, firmware dan fitur Galaxy A03 tak kalah update. Didukung chipset gaming terbaru, performanya juga akan terjamin mulus meski hanya ponsel kelas menengah ke bawah.

Konektivitas dan Sensor

Samsung Galaxy A03 mendukung jaringan seluler 2G, 3G hingga 4G LTE untuk akses internet super cepat. Konektivitas nirkabelnya juga sangat lengkap seperti WiFi dual band ac, Wi-Fi Direct, wireless hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP dan LE. Fitur NFC sayang tidak tersedia.

Sementara port konektornya terbilang standar, yakni micro USB 2.0. Selain itu tersedia juga port audio 3.5mm dan inframerah untuk berbagai kebutuhan konektivitas lainnya, meski tidak selengkap ponsel flagship.

Adapun sensor yang disematkan di Galaxy A03 antara lain sensor sidik jari, akselerometer, proksimitas, dan cahaya sekitar. Kelengkapan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam menunjang fitur keamanan dan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Jadi secara keseluruhan opsi konektivitas dan kelengkapan sensor pada ponsel ini sudah sangat memadai untuk smartphone Android kelas entry level yang dibanderol dengan harga sangat ramah di kantong.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A03 merupakan smartphone Android entry-level terbaru yang dilengkapi beragam fitur menarik di kelasnya. Dimulai dari desain solid berbahan plastic, layar HD+ seluas 6,5 inci, chipset gaming 8-core, RAM 3/4GB, kamera 48MP, hingga ketahanan baterai 5000mAh.

Dengan spesifikasi di atas yang ditawarkan pada rentang harga mulai dari 1,3 jutaan, Samsung Galaxy A03 layak dipertimbangkan untuk dibeli. Apalagi ponsel ini juga memiliki tampilan yang cukup premium dan didukung firmware Android terbaru dengan sejumlah fitur canggih.

Jadi bagi yang mencari ponsel Android murah meriah namun tangguh penggunaannya sehari-hari, Samsung Galaxy A03 patut menjadi alternatif pilihan. Karena secara keseluruhan, spesifikasi dan harganya sangat sepadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *